Rabu, 13 Januari 2010

RANGKUMAN IPA KELAS 4 SD BAB VIII

BAB VIII
Energi Panas dan Energi Bunyi
1. Energi panas (kalor) dapat timbul dari;
a. Api; membutuhkan bahan bakar dan udara.
b. Gesekan dua benda; Panas dapat timbul karena gesekan yang terus-menerus. Makin kasar permukaan benda yang digesekkan, semakin cepat panas.
c. Matahari;merupakan sumber energi utama bagi Bumi.
2. Energi panas dapat berpindah melalui proses;
a. Konduksi / hantaran; perpindahan kalor melalui zat tanpa disertai perpindahan partikel-pewrtikel zat tersebut, perpindahan panas yang terjadi pada logam.
b. Konveksi / aliran; perpidahan kalordari suatu bagian fliuda (zat cair / gas) ke bagian fluida lain oleh pergerakan fluida itu sendiri yang disebabkan perbedaan massa jenis (peristiwa memasak air, cerobong asap, ventilasi udara serta terjadinya angin laut dan angin darat).
c. Radiasi / pancaran; perpindahan kalor tanpa zat perantara, sinar dan panas matahari
3. Bunyi timbul dari suatu benda yang bergetar. Pada gitar, senar yang bergetar. Pada genderang, kulit yang bergetar. Pada seruling, udara yang bergetar.
4. Getaran; gerakan bolak-balik secara berkala yang melalui suatu titik setimbang. Periode getaran (T); waktu yang diperlukan untuk menjalani satu getaran penuh. Frekuensi getaran (Hz); Jumlah getaran yang diperlukan selama 1 detik. Resonansi; peristiwa ikut bergetarnya suatu benda karena getaran benda lain.
5. Kuat bunyi; ukuran kuat / lemahnya suatu bunyi yang terdengar oleh telinga manusia, bergantung pada besarnya amplitudo dan jarak sumber bunyi. Jarak dari B ke A atau B ke C dinamakan amplitudo.
6. Nada; bunyi yang teratur dan desah; bunyi yang tidak teratur.Bunyi dapat merambat melalui benda padat, benda cair, dan benda gas. Jika perantara tidak ada, bunyi tidak dapat merambat.
7. Jenis-jenis frekuensi;
a. Frekuensi infrasonik; frekuensi getaran di bawah 20 Hz (anjing, jangkrik dan binatang malam lainnya).
b. Frekuensi audiosonik; frekuensi getaran di antara 20 Hz – 20.000 Hz (batas pendengaran manusia).
c. Frekuensi ultrasonik; frekuensi getaran di atas 20.000 Hz (Kelelawar, lumba-lumba, dll).
8. Gema adalah bunyi pantul yang muncul setelah bunyi asli selesai. Gaung adalah bunyi pantul yang datang sebelum bunyi asli selesai dikirim.
9. Bunyi akan diserap jika mengenai bahan-bahan yang lunak atau berongga. Benda-benda yang dapat menyerap bunyi disebut peredam bunyi. Contoh bahan peredam bunyi adalah busa, spon, wol, kain, dan karet.
10. Minyak bumi berasal dari hewan dan tumbuhan yang melapuk dan tertimbun selama jutaan tahun. Minyak bumi keberadaan nya tidak dapat diperbarui.
11. Energi alternatif adalah energi yang dapat menggantikan kedudukan minyak bumi. Misalnya,
a. energi matahari, sel surya yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik
b. energi angin, memanfaatkan kincir untuk membangkitkan listrik.
c. energi air air dari bendungan dialirkan untuk memutar turbin. Putaran turbin tersebut digunakan untuk memutar generator penghasil listrik.
d. energi panas bumi. Uap panas dari dalam bumi dialirkan ke permukaan melalui pipa. Lalu, uap panas dialirkan ke turbin melalui pipa sehingga turbin berputar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar